Rabu, 24 Agustus 2011

Sejarah MPPA "Carya Bhuana"

Seperti sebagian besar organisasi kepencinta alaman dan penggiatolahraga alam bebas di Indonesia, pada awalnya "Carya Bhuana" berdiri karena adanya orang-orang yang sama-sama mempunyai hobi mendaki gunung. Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat lazim dan merupakan kegiatan induk dari semua kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan alam bebas.

Terbentuknya suatu organisasi ini tentu saja melalui proses, dan seiring jalannya roda waktu, kematangan konsep organisasi tersebut terus dibenahi sehingga apa yang dicita-citakan sejak awal berdirinya akan terwujud. Akhirnya dibentuk suatu organisasi yang bergerak dibidang kepencinta alaman hal ini didasari karena kita sebagai penghuni dan pengguna alam harus memiliki rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap pelestarian sumberdaya alam, terlebih kta sebagai manusia yang terhimpun dalam wadah Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman yang memiliki rasa tanggung jawab moral terhadap kelestarian alam dan lingkungan.

Organisasi pencinta alam tersebut bernama "Carya Bhuana", nama Carya Bhuana berasal dari bahsa Sansekerta, yaitu berasal dari kata Carya yang berarti  sahabat atau teman dan Bhuana berarti alam atau bumi. Secara keseluruhan Carya Bhuana berarti teman atau sahabat alam.

Carya Bhuana mulai dirintis pada tahun 1990-an, dan pada tahun 1992 nama Carya Bhuana diproklamirkan dengan nama resmi Mahasiswa Pertanian Pencinta Alam "Carya Bhuana" yang disingkat MPPA "Carya Bhuana" oleh proklamator Carya Bhuana. Kemudian pada tanggal 24 oktober 1994 dikeluarkan SK, sehingga secara resmi MPPA "Carya Bhuana" lahir di Fakultas Pertanian.  Nama MPPA "Carya Bhuana" dikumandangkan oleh 11 orang, yang kita sebut sebagai pioneer atau pendiri MPPA "Carya Bhuana". Kesebelas orang itu adalah:

1.
Joseph Prio Hadiyanto (othep)
NRCB.001/P
2.
Anhar Ardiyanto (si bos)    
NRCB.002/P
3.
Ari Putranto (Callied)      
NRCB.003/P
4.
Prabowo Heru Suseno (bowo)        
NRCB.004/P
5.
Hesti Ida Nursanti (da'i)    
NRCB.005/P
6.
Sugiana (gana)                  
NRCB.006/P
7.
Agus Supriyanto (gabrielle)          
NRCB.007/P
8.
Siti Nurchasanah (san-san)          
NRCB.008/P
9.
Lisbeth (beth)                    
NRCB.009/P
10.
Anton Margono (Jabrik)
NRCB.010/P
11.
Novita Herawati (anake Pak Abu)
NRCB.011/P

MPPA "Carya Bhuana" yang dulu sering disebut kumpulan orang-orang hobi tongkrongan (mejeng ria) terus berkembang, tidak lagi hanya sekedar tongkrongan di kantin. MPPA "Carya Bhuana" sekarang telah berkembang menjadi suatu organisasi yang sarat (dalam arti penuh, bukan dalam arti kenthir) aktifis,atribut, dinamika, dan pemikirannya. MPPA "Carya Bhuana" berprinsip dasar persaudaraan dan kebersamaan, dua hal tersebut menjadi benteng dalam menghadapi cobaan dan kesulitan. MPPA "Carya Bhuana" menjadi sebuah wadah bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman untuk mengembangkan dirinya untuk berorganisasi dan mewarnai dinamika kampus hijau.

MPPA "Carya Bhuana" mempunyai visi membentuk mahasiswa pencinta alam yang berbasis pertanian. Untuk mencapai visi tersebut, maka MPPA "Carya Bhuana" mempunyai misi yang antara lain: membentuk kader-kader pertanian berwawasan lingkungan, mewujudkan pertanian tanpa meninggalkan kaidah lingkungan, membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, serta mewujudkan usaha-usaha konservasi lingkungan.

0 Komentar:

Posting Komentar